ALSA CARE 2016 – “Budayakan Teknologi Kreatif dalam Menghadapi Dunia Tanpa Batas”

e-poster-alsa-care

Pada tanggal 26 November 2016, ALSA (Asian Law Student’s Association) Mengadakan  suatu acara yaitu ALSA CARE. Acara ini diselenggarakan oleh UKM ALSA dari Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman. ALSA CARE adalah suatu rangkaian kegiatan berbentuk upaya kepedulian kita terhadap masyarakat umum. Tahun ini ALSA CARE bertemakan “Budayakan Teknologi Kreatif dalam Menghadapi Dunia Tanpa Batas”. Acara ini diselenggarakan di Desa Kedondong, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Acara ini dihadiri Kepala Desa Kedondong yang digantikan oleh Sekretaris Desa yaitu Pak Wiwit, Ketua UKM ALSA LC Unsoed yaitu Ilmawan Husain Mughni, dan Ketua Pelaksana ALSA CARE yaitu Shahrandy Prakoso. Selain itu dihadiri beberapa pihak dari para pembicara yaitu Edy Prayitno, S.IP, M.M dari BAPERMAS Pemerintah Kabupaten Banyumas, lalu Supriyanti, S.E. dari Pengrajin Keramik Klampok, dan Puspo Santi, S.H. dari Telkom Indonesia.

ALSA CARE ini berbentuk diskusi panel yang dipimpin oleh Andika Bayu Aji Pratama sebagai Moderator. Acara Pertama dari ALSA CARE yaitu sosialisasi mengenai pemberdayaan masyarakat. Seminar ini dibawakan oleh Pak Edy Prayitno selaku pembicara perwakilan dari BAPERMAS Pemerintah Kabupaten Banyumas. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para masyarakat Desa Kedondong agar lebih bersemangat dalam memanfaatkan sumber daya alam sekitar secara optimal.

Lalu dilanjutkan dengan praktik pembuatan kerajinan gerabah yang diisi oleh Bu Supriyanti dari Pengrajin Kerajinan Keramik. Tujuan adanya praktik ini, dikarenakan di daerah Desa Kedondong dalam pemanfaatan tanah liat hanya dibuat batu bata saja. Dengan adanya praktik ini diharapkan masyarakat Desa Kedondong bisa memanfaatkan tanah liat menjadi suatu kerajinan yang bernilai tinggi dibanding dengan batu bata. Contohnya seperti, hiasan dinding, guci, patung, dan lain-lain. Selanjutkan diakhiri dengan seminar e-commerce dan Pendidikan Internet yaitu Internet Sehat dan Bermanfaat. Seminar ini bertujuan untuk

setelah masyarakat membuat suatu kerajinan gerabah, diharapkan masyarakat sekitar dapat menjual kerajinan tersebut tidak hanya di daerah Desa Kedondong atau sekitarnya, tetapi dalam mencakup lebih luas luar daerah, kota, ataupun negara. Selain itu penggunaan internet penting, agar masyarakat disekitar “melek” Internet. Masyarakat dapat mencari informasi, jual beli, dan sebagainya sehingga masyarakat Desa Kedondong tidak ketinggalan dengan daerah lain yang sudah memanfaatkan internet lebih dahulu.

Akhir acara Desa Kedondong yang diwakili oleh Pak Wiwit menerima pelakat beserta sertifikat atas partisipasinya dalam acara ALSA CARE. Lalu diikuti pemberian pelakat beserta sertifikat kepada para pembicara diantaranya Edy Prayitno, S.IP, M.M, Supriyanti, S.E., dan Puspo Santi, S.H. Diakhiri dengan pemberian seritifikat kepada moderator, Andika Bayu Aji Pratama. Dan juga ALSA meninggalkan WiFi untuk desa Kedondong serta meninggalkan bahan cetakan untuk membuat kerajinan keramik bagi desa Kedondong. Yang diharapkan nantinya dapat memberdayakan masyarakat desa Kedondong dalam pengolahan tanah liat yang berkelanjutan.

img_3582 img_3720 img_3716 img_3713 img_3710 img_3684 img_3662 img_3659 img_3651 img_3648 img_3643 img_3642 img_3637 img_3631 img_3613 img_3605

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *