ALSA CONFERENCE 2017 — “HISTORY OF BANDUNG”

ALSA Conference

Bandung,15 – 20 Januari 2017

118732_zpskkswlmjy

IMG_0071

ALSA Conference adalah acara konferensi tahunan dari International Board yang diadakan bergantian di Negara Negara anggota ALSA ( National Chapter ) . Pada tahun ini 2017 ALSA Conference diadakan di Indonesia yaitu di kota Bandung yang seringkali disebut Paris Van Java. Untuk tema utama ALSA Conference 2017 kini yaitu “ History of Bandung “ . ALSA Conference 2017 berlangsung selama 5 hari yaitu dimulai pada tanggal 15 Januari 2017 sampai 20 Januari 2017.

(Openning Ceremony) Hari pertama pada 15 Januari 2017, berlangsungnya ALSA Conference , seluruh delegasi datang menuju Hotel penginapan yaitu Hotel Savoy Homaan Bidakara Bandung. Acara hari pertama ALSA Conference dimulai dengan opening ceremony dan dinner bersama di Ballroom Hotel Savoy Homaan Bidakara Bandung. Awal acara dibuka sambutan oleh President of ALSA International yaitu Jayden Chew,dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Dodit Ardian,Bapak Koesmayadi Tatang,Azman Rishad selaku Presiden ALSA Indonesia,Oliver Sitorus selaku director ALSA LC Unpad dan Alfi selaku Project Officer ALSA Conference 2017 , setelah sambutan lalu dilanjutkan dengan dinner bersama lalu dimulai kembali acara openning ceremony disuguhkan dengan penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Unpad yang sangat istimewa,merdu dan sangat mengagumkan,lalu ditengah tengah alunan vocal yang merdu dinyanyikan lagu “ Happy Birthday “ yang ditujukan untuk salah satu delegasi dari “ Australia Law Studends’ Association ‘’ yang sedang berulang tahun pada hari itu . Setelah penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Unpad lalu dilanjutkan dengan suguhan dari penampilan tarian tarian adat dari beberapa daerah di Indonesia yang sangat kreatif dan menakjubkan hingga memukau semua orang yang hadir pada malam itu. Lalu terdapat video persembahan sambutan yang menampilkan ke khasan dan logo dari seluruh National Chapter ALSA. Hingga waktu yang beranjak mulai larut malam lalu acara berakhir pada malam hari itu. Seluruh delegasi kembali ke kamar masing masing da nada pula yang pergi atau melakukan aktifitasnya masing masing seusai acara.

( Seminar, Governing Council Meeting) Hari Kedua pada 16 Januari 2017 , berlangsungnya ALSA Conference 2017 berkumpul pada pagi hari pada jam 07.00 pagi berkumpul di lobby hotel untuk mengikuti agenda mobilisasi pada jam 08.00 menuju Aula Fakultas Ekonomi Unpad untuk menghadiri seminar ALSA Conference 2017 yang bertemakan “ The Role of Intellectual Property Rights in the Developing World’’ dengan pembicara seminar pertama yaitu adalah Ibu Miranda Risang Ayu, S.H., LL.M., Ph.D selaku Indonesian National Collective Management Organization. Selanjutnya berlangsung sesi Tanya jawab, setelah sesi pertama selesai berlangsung lalu berganti ke pembicara seminar yang kedua yaitu Mr.Kevin Fitzgerald selaku director General of The World Intellectual Property Organization dan dilanjutkan sesi Tanya jawab. Setelah kegiatan seminar selesai berlangsung lalu beranjak ke sesi acara “Alumni Sharing” bersama Reza Widodo,S.H. Selaku Presiden ALSA International untuk periode pada tahun 2010 – 2011. Setelah selesai sesi Seminar lalu untuk seluruh delegasi yang bukan National Board dilanjutkan dengan mengikuti agenda Mock GCM dan untuk National Board dan President ALSA Internasional dilanjutkan dengan GCM.GCM adalah singkatan dari Governing Council Meeting.  Setelah agenda pada hari ke 2 selesai pada sore hari lalu seluruh delegasi dari Unpad melakukan mobilisasi kembali ke Hotel Savoy Homaan Bidakara Bandung untuk beristirahat dan melakukan agenda masing masing diluar acara.

(Governing Council Meeting dan Model United Nation) Hari Ketiga pada 17 Januari 2017, berlangsungnya ALSA Conference, seluruh delegasi ALSA Conference 2017 kumpul untuk sarapan bersama dan memulai agenda dari jam 06.00. Agenda pada hari ketiga ini untuk delegasi yang bukan National Board diagendakan untuk mengikuti Model United Nation dan untuk National Board dan International Board diagendakan untuk GCM , untuk kegiatan pada hari ketiga hanya diagendakan kegiatan MUN dan GCM sejak pagi hari hingga hari menuju malam yaitu pukul 18.00 . Lalu setelah sesi MUN dan GCM berakhir pada hari ketiga seluruh delegasi beristirahat dan berkegiatan masing-masing.

(Governing Council Meeting dan Model United Nation) Hari Keempat pada 18 Januari 2017, berlangsungnya ALSA Conference , agendanya masih sama seperti hari ketiga namun hanya berbeda waktu sesi agenda MUN dan GCM berakhir pada siang hari , lalu delegasi kembali ke kamar masing masing untuk persiapan melanjutkan ke agenda cultural night , pada sore hari seluruh delegasi melakukan mobilisasi menuju saung udjo untuk menampilkan pentas seni dari National Chapternya masing masing.

(Amazing Race,Local Visit )Hari kelima 19 Januari 2017 berlangsungnya ALSA Conference 2017 , seperti hari hari sebelumnya,seluruh delegasi berkumpul untuk sarapan bersama dilanjutkan berkumpul di lobby pada jam 07.00 pada hari kelima masing masing delegasi menggunakan kaos dengan warna yang telah ditentukan berdasarkan teamnya masing masing untuk melakukan agenda amazing race di kawasan asia africa,braga,dan alun – alun bandung,seperti halnya amazing race dalam kegiatan ini seluruh team dituntut untuk bekerja sama dalam setiap tantangan di post yang harus dilalui. Amazing race berlangsung dari pagi hingga siang hari. Setelah selesai agenda amazing race, seluruh delegasi kembali ke hotel dan bersiap siap untuk mobilisasi menuju ke kawasan ciwidey yaitu ke kawah putih untuk menunjukan keindahan kawah putih yang tak henti hentinya membesona dan ke obyek wisata lainnya di ciwidey seperti danau dan juga pemandian air panas, hingga malam hari seluruh delegasi kembali ke hotel untuk beristirahat melanjutkan agenda terakhir keesokan harinya.

(Legal visit,social act dan closing ceremony )Hari keenam 21 Januari 2017, sejak pagi hari setelah sarapan sluruh delegasi berkumpul untuk mobilisasi ke gedung sate dan salah satu pemukiman di daerah bandung untuk legal visit dan social act . Sesampainya di gedung sate seluruh delegasi naik tangga bersama menuju puncak gedung sate dan dilanjutkan agenda pemaparan mengenai asal usul sejarah gedung sate dan sesi tanya jawab serta foto foto bersama. Sesudahnya agenda di gedung sate seluruh delegasi mengikuti mobilisasi menuju salah satu pemukiman dikota Bandung,di daerah tersebut seluruh delegasi melakukan social act dengan menanam tanaman tanaman herbal yang bisa menjadi bahan baku jamu lalu setelahnya seluruh delegasi mencoba makanan makanan ringan seperti kacang kacang,ubi,dan jamu yang dihidangkan bersama oleh warga sekitar.Hingga sore hari lalu delegasi mobilisasi kembali menuju hotel untuk persiapan mobilisasi menuju tempat diselenggarakannya closing ceremony yaitu di lembang.Sesampaikan di Lembang acaranya sangat menarik dengan dominan warna putih hingga waktu mulai larut malam seluruh delegasi kembali ke hotel untuk beristirahat maupun bersiap diri untuk langsung check out pada malam ataupun keesokan harinya.Itulah review bagaimana keseruan dalam ALSA Conference semoga dapat memberikan wawasan dan minat dalam mengikuti acara international dan juga national.Mohon maaf apabila ada salah maupun kekurangan dalam kata kata dan juga penyampaian review acara .

ALSA,Always Be One!

C2Np12MUkAA2cST_zpsjsmthzur

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *