• Latar  Belakang

Korupsi merupakan salah satu tindak pidana yang sering ditemui di tiap tahunnya, mulai dari korupsi berskala kecil hingga besar. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, apakah hukuman yang diberikan belum memberikan efek jera terhadap terpidana? Belum lama ini publik dibuat heboh dengan adanya penangkapan Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan yang terjerat kasus korupsi. Dari kasus tersebut banyak pihak yang mendukung untuk memberikan hukuman mati terhadap kasus korupsi tersebut.  

  • Dasar Hukum

Undang – Undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 2  ayat 2

Penjelasan Pasal 2 ayat 2 Undang – Undang Tindak Pidana Korupsi

            Dalam pasal 2 ayat 2 Undang – Undang Tindak Pidana Korupsi berbunyi Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.

            Maksud dari keadaan tertentu ini ialah keadaan yang dapat dijadikan alasan pemberatan pidana bagi pelaku tindak pidana korupsi yaitu apabila tindak pidana tersebut dilakukan terhadap dana – dana yang diperuntukan bagi penanggulangan keadaaan bahaya, bencana alam nasional, penanggulangan akibat kerusuhan yang meluas, penanggulangan krisis ekonomi dan moneter, dan penanggulangan tindak pidana korupsi

  • Pro/Kontra Hukuman Mati bagi Terpidana Korupsi

            Dalam hal penjatuhan hukuman mati terdapat 2 sudut pandang yaitu, sudut pandang pro dengan hukuman tersebut dan sudut pandang kontra dengan hukuman tersebut. Pihak yang menyetujui pelaksanaan hukuman mati berpendapat bahwa korupsi merupakan tindakan yang lebih jahat karena banyak memakan korban walaupun tidak secara langsung, namun pihak yang tidak setuju dengan hukum tersebut berpendapat bahwa hukuman mati sama saja merebut hak asasi manusia terpidana tersebut.

  • Sumber

Undang – Undang :

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Jurnal :

Penerapan Hukuman Mati Bagi Pelaku Tindak Pidana Korupsi (Muwahid, UIN Sunan Ampel Surabaya)

Sumber lain :

https://media.neliti.com/media/publications/41807-ID-penerapan-hukuman-mati-bagi-pelaku-kejahatan-korupsi-di-indonesia-analisis-pende.pdf

https://www.hukumonline.com/berita/baca/hol7486/hukuman-mati-bagi-koruptor-perlukah

Study Club VI ALSA LC Unsoed Tentang Pidana Mati Terhadap Pelaku Tindak Pidana Korupsi (19-Desember-2020)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *