• Latar belakang usulan adanya RUU HIP ?

                Dalam Catatan Rapat Badan Legislasi Pengambilan Keputusan atas Penyusunan Rancanangan Undang-Undang Tentang Haluan Ideologi Pancasila, 22 April 2020, RUU HIP merupakan usulan DPR RI dan ditetapkan dalam Prolegnas RUU Prioritas 2020.

Usulan RUU tersebut dilatarbelakangi oleh belum adanya landasan hukum yang mengatur Haluan Ideologi Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.   

  • Landasan Hukum bagi pancasila

                Dalam  UU nomer 12 tahun 2011 Pasal 2 menyatakan, bahwa Pancasila merupakan sumber segala sumber hokum, maka dari pasal tersebut dapat dipahami bahwa pancasila ialah sumber/ dasar dari adanya sebuah hokum dan perundang- undangan di Indonesia, lantas apabila Pancasila memiliki sebuah haluan yang dibuat maka hal tersebut akan bertentangan dengan UU nomer 12 tahun 2012.

  • konsep trisila dan ekasila

                di dalam RUU HIP Bab II Pasal 7 yang berbunyi: (1) Ciri pokok Pancasila adalah keadilan dan kesejahteraan sosial dengan semangat kekeluargaan yang merupakan perpaduan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan/demokrasi politik dan ekonomi dalam satu kesatuan. (2) Ciri pokok pancasila berupa trisila, yaitu: sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan. (3) Trisila sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terkristalisasi dalam ekasila, yaitu gotong-royong.

terdapat konsep Trisila Dan Ekasila yang banyak disoroti oleh banyak pihak, melihat dari sejarahnya konsep tersebut memang disampaikan oleh Presiden Soekarno sebagai alternatif dari Pancasila yang ditawarkannya.

                Alternatif tersebut disampaikan sebagai dasar dari segala dasar dari lima sila yang telah disampaikannya adapun dasar negara yang diusulkan Soekarno melalui Trisila adalah socio-nationalisme, socio democratie, dan Ketuhanan. Sementara Ekasila berisi satu hal, yaitu gotong-royong.

 Namun, pada akhirnya, konsep alternatif yang diberikan Ir. Soekarno yaitu Trisila dan Ekasila tidak terpilih oleh forum, dasar negara disepakati adalah Pancasila.

Daftar Pustaka

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/25/055000265/apa-isi-ruu-hip-yang-masih-tuai-kontroversi?page=1

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/27/115629265/konsep-awal-ekasila-dan-trisila-yang-jadi-kontroversi-di-ruu-hip?page=all

https://www.gatra.com/detail/news/481714/hukum/ruu-hip-dan-pasal-kontroversinya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *