KARYA TULIS SEPTEMBER 2016

“Bagaimana Cara Mahasiswa Menyeimbangkan Waktu antara Bidang Akademik dan Non Akademik”

LINTANG ARIO PAMBUDI
E1A015228

30-img_5951
Kita sebagai mahasiswa bukan merupakan penerus generasi tetapi agent of change. Pastilah anda pertanyaan mengapa bukan penerus generasi? Karena tidak setiap generasi melakukan hal yang baik untuk bangsanya bahkan ada yang merusak bangsa ini sendiri, maka kita sebagai mahasiswa bukan meneruskan hal tersebut melainkan melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya dan meluruskan ketika generasi sebelumnya melakukan hal yang melenceng. Untuk menjadi sosok yang membawa perubahan untuk bangsa ini, maka kita dikirim untuk mencari ilmu kedalam kampus merah fakultas Hukum Unsoed ini.

Dalam kehidupan perkuliahan kita harus menyeimbangkan antara kegiatan Akademik dan Non Akademik kedua hal ini haruslah selaras atau seimbang, karena ketika salah satu lebih dominan maka tidak menjadikan kita sebagai agent of change. Contoh ketika kita terlalu fokus
terhadap Akademik dan mengabaikan kegiatan Non Akademik akan menghasilkan seorang mahasiswa yang cerdas dalam teori tetapi tidak ahli dalam menyampaikan ilmu yang iya dapat ilmu itu hanya berguna untuk dirinya sendiri tidak untuk kepentingan orang lain. Mahasiswa yang sangat terfokus terhadap kegiatan Non Akademik dan mengabaikan Akademik akan menghasilkan seorang mahasiswa yang pandai dalam bersosialisai dan pandai mengerluarkan pendapat tetapi tidak paham apa yang iya bicarakaan.
Cara untuk menyeimbangkan keduanya adalah dengan :
1. Memfilter/menyaring mana kegiatan yang diperlukan untuk menunjang cita cita anda kedepannya. Jangan terhasut oleh kata kata manis ajakan teman/kating anda untuk mengikuti kegiatan yang tidak selaras dengan anda. Karena kegiatan Non Akademik akan membantu anda dalam mencapai tujuan anda.
2. Mantapkan tekad bahwa anda masuk dalam kampus merah Fakultas Hukum Unsoed ini untuk membanggakan kedua orang tua anda bukan untuk gaya gayaan apa lagi cari jodoh. Maka anda mempunyai tanggung jawab yang besar atas IPK terhadap orang tua.
3. Membuat suatu schedule dimana didalamnya terdapat aktivitas kegiatan Akademik dan Non Akademik yang anda ikuti dengan demikian anda akan lebih tertata dalam menjalani kegiatan tersebut.Sempatkan waktu anda untuk istirahat jangn menjadi mahasiswa yang kura-kura (kuliah rapat kuliah rapat) terus menerus anda manusia yang butuh hiburankan?
4. Berani menolak dan meluruskan sesuatu yang tidak benar.Jangan menjadi mahasiswa yang hanya mengikuti arus, ketika ada yang tidak benar maka bernikan diri untuk berbicara dan mengatakan tidak.

Demikian tips untuk menyeimbangkan kegiatan Akademik dan Non Akademik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *