NMCC PIALA MAHKAMAH AGUNG XX

12 FEBRUARI 2017

delegates nmcc

Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional Asian Law Student’s Association (ALSA) National Chapter Indonesia Piala Mahkamah Agung XX atau yang biasa disebut NMCC (National Moot Court Competition) merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh National Chapter Indonesia yang pada tahun 2017 ini, Universitas Sam Ratulangi, Manado menjadi tuan rumah penyelanggara NMCC Piala MA XX.

Kegiatan NMCC Piala MA XX dilaksanakan pada tanggal 10 – 13 Februari 2017. Pada tanggal 8 Februari 2017 17 delegasi NMCC dan 6 orang supporter serta dosen pembimbing yaitu Ibu Dwi Hapsari berangkat menuju Surabaya dan dilanjutkan menuju Manado.

Pada hari pertama acara yaitu tanggal 10 Februari 2017, diselenggarakan Opening Ceremony yang diawali dengan registrasi Tim NMCC dari setiap Universitas yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara pembukaan untuk penyambutan dan perkenalan peserta NMCC Piala MA XX.

Memasuki hari kedua yang merupakan hari dimana kompetisi babak penyisihan dilaksanakan, berdasarkan hasil technical meeting, maka Tim NMCC Universitas Jenderal Soedirman masuk ke dalam pool B bersama Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Indonesia. Kompetisi babak penyisihan ini dilaksanakan di Gedung FIB Universitas Sam Ratulangi. Dari babak penyisihan tiap pool tersebut, Universitas Jenderal Soedirman belum berhasil lolos pada tahap penyisihan, sehingga tidak dapat mengikuti babak final yang diadakan keesokan harinya.

Di hari ketiga pada malam harinya pukul 22.00 dilaksanakan closing ceremony, yang merupakan acara penutup sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah kepada setiap pemenang. Dari hasil babak penyisihan dan babak final, maka berikut pemenang NMCC Piala MA XX:

  • BABAK PENYISIHAN

panitera terbaik

pool A: udayana & unair

pool B: unsyiah

pool C: undip & untar

pool D: unpad

penasihat hukum

pool A: unair

pool B: unsyiah

pool C: untar

pool D: ub

penuntut umum:

pool A: unair

pool B: unsri

pool C: untar

pool D: unpad

majelis hakim

pool A: unair

pool B: unsyiah

pool C: undip

pool D: uj

berkas terbaik: unpad

  • BABAK FINAL

panitera terbaik: undip

penasihat hukum: undip

penuntut umum: undip

majelis hakim: unsyiah

juara 3: unpad

juara 2: unsyiah

juara 1: unair

Dihari keempat, terdapat city trip yang merupakan agenda terakhir dari kegiatan NMCC Piala MA XX. Peserta diajak ke objek wisata yang terdapat di Sulawesi Utara. Setelah melakukan city trip, delegasi dan supporter Universitas Jenderal Soedirman kembali ke kota satria yaitu Purwokerto.

Selamat kepada teman-teman yang berhasil menjadi juara, semoga Tim NMCC ALSA LC Unsoed dapat lebih baik kedepannya dan dapat merebut piala bergilir tersebut pada tahun depan di Palembang. Kami ucapkan juga terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang telah membantu Tim NMCC ALSA LC Unsoed dalam mengikuti NMCC Piala MA di Manado.

ALSA, Always be One!

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *