PALT XXIII — “BRING OUT YOUR LEADERSHIP POTENTIAL!”

delegates-palt 

PALT merupakan acara tahunanimg_8182 ALSA National Chapter Indonesia yang diselenggarakan oleh ALSA Local Chapter Universitas Indonesia pada 26-29 September 2016 lalu. Di laksanakan di Universitas Indonesia, kemudian pada hari kedua di Lorin, Sentul. Dan terakhir di Yayasan Buddha Tsu Chi Indonesia. Acara pembuka adalah acara Seminar Nasional, kemudian dilanjutkan dengan acara Pra-Musyawarah Nasional, lalu adanya kegiatanALSA Race. Di hari berikutnya di lanjutkan dengan ALSA Division Sharing dari 13 Local Chapter. Lalu pada malam harinya diselenggarakan Closing Ceremony. Kemudia pada hari terakhir ditutup dengan City Trip.

Seminar Nasional adalah kegiatan awal yang biasanya diadakan pada hari pertama acara nasional ALSA Local Chapter Indonesia. Seminar Nasional pada PALT XXIII kali ini diselenggarakan pada Senin, 26 September 2016. Seminar kali ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama bertemakan “Understanding Legal Proffesion Ethics and its Application in Practice : An Insight for Your Future Career”. Pada Seminar sesi ini membahas mengenai etika profesi  dan aplikasi bagaimana praktek dari setiap masing masing pekerjaan di bidang hukum. Pembicara pada seminar sesi pertama adalah Narendra Jatna sebagai Jaksa, M. Idwan Ganie sebagai Advokat , dan Buntario Tigris sebagai Notaris. Kemudian, pada seminar sesi kedua dilanjutkan oleh pembicara yang sangat menarik yaitu Abraham Samad dan Andi Mattalata, dengan tema “Law Practitioners As Our Nation’s Leaders”. Beliau menjelaskan bagaimana menjalakan praktisi hukum dengan sifat kepemimpinan yang ber integritas.

img_8183Pra-Munas adalah acara nasional tiap tahunnya. Kegiatan ini membahas beberapa hal substansial sebagai persiapan Munas (Musyawarah Nasional) yang diadakan untuk membahas AD/ART  ALSA National Chapter Indonesia, sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembahasan pada saat Munas diselenggarakan.Pra-Munas ini dilaksanakan pada hari kedua yaitu Selasa, 27 September 2016 diikuti oleh 3 delegasi dari setiap Local Chapter.

Leadership Motivation Seminar adalah kegiatan pada hari kedua Selasa, 27 September 2016 bersamaan dengan kegiatan Pra-Munas. Kegiatan ini dibawakan oleh James Gwee asal Singaopre dengan tema “ Bring Out Your Leadership Potential”. Dari kegiatan ini dapat memperoleh manfaat bahwa kita dimg_8181apat mengenali kepribadian masing-masing, cara menarik dalam menggapai tujuan dan cita-cita, serta bagaimana memperoleh kesuksesan untuk menjadi seorang pemimpin.

Alsa Race adalah kegiatan dimana para delegasi harus menemukan teka-teki dengan masing masing kelompok ditempat yang berbeda yaitu Monumen Nasional dan Museum Fatahillah Jakarta. Masing masing kelompok ini dibagi menjadi kelompok warna yang harus mencapai titik finish dengan penuh kekompakan dan waktu yang secepat mungkin. Dalam kegiatan ini, delegasi dilatih untuk mempunyai jiwa kekompakan dan team work agar menemukan setiap clue yang diberikan, hingga mencapai titik finish.

ALSA Division Sharing adalah kegiatan pada hari ketiga yaitu Rabu 28 September 2016 dengan rangkaian sharing mengenai tiap divisi dari masing masing Local Chapter. Divisi ini terbagi menjadi 5 divisi yaitu Law,External, Internal, English dan Funding. Dalam kegiatan ini, para delegasi menjadi lebih mengetahui bagaimana tiap divisi dari masing masing Local Chapter.img_6597

Closing Ceremony adalah kegiatan penutup pada malam hari dengan bertemakan Maquarade Ball. Dimana setiap delegasi diwajibkan memakai dresscode yang telah ditentukan. Tiap delegasi wajib membawa pasangan untuk memasuki ballroom tempat acara berlangsung. Acara ini juga di tampilkan inagurasi dari masing masing Local Chapter, serta ditutup dengan pengumuman Awarding.

City Trip adalah acara yang diselenggarakan  pada Kamis 29 September 2016 sebagai kegiatan terakhir dalam rangkaian acara PALT XXIII kali ini. Para delegasi diajak untuk mengelilingi kota Jakarta tepatnya di daerah Pantai Indah Kapuk dan terakhir berangkat menuju Yayasan  Buddha Tsu Chi Indonesia untuk melakukan kegiatan charity.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *