PRA MUNAS DAN ALSA LEADERSHIP TRAINING– “PUTUIH RUNDIANG DEK SAKATO, RANCAK RUNDIANG DISAPAKATI”

Pramunas & ALSA Leadership Training atau yang akrab disebut dengan PALT, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Andalas menjadi tuan rumah pada acara PALT 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 11 – 14 September 2019 dengan mengusung tema “Putuih Rundiang Dek Sakato, Rancak Rundiang Disapakati”.

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony, Seminar Nasional, ALSA Leadership Talkshow, serta Pra – Musyawarah Nasional. Agenda Opening Ceremony dilaksanakan di Aula Pasca Sarjana, Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang pada tanggal 11 September 2019. Agenda dalam acara ini adalah sambutan – sambutan, penyematan pin untuk Director Local Chapters dan hiburan tarian khas Padang, yaitu Tarian Pasatmbahan. Dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat Tema “Pengembangan dan Pelaksanaan Konsep Pemerintahan yang Baik (Good Governance) dalam Pembaharuan Hukum Indonesia” dengan Ikhbal Gusri selaku Presiden BEM FH Unand sebagai Moderator, dan pembicara Dr. Miko Kamal, S.H., LL.M.,  Yeni Nel Ikhwan, S.H., M.H., dan Charles Simabura, S.H., M.H. Setelah Seminar Nasional berakhir, dilanjutkan dengan acara Leadership Talkshow yang mengangkat tema “Art of Leadership” dengan pembicara M. Ramzy Muliawan selaku Pendiri Wikipedia Minangkabau, H. Mahyeldi Ansharulla, SP., selaku Walikota Padang, Drs. Najmudin, M.Pd., P.hD., dan Henry Dunan Sirait, S.H., selaku Tokoh Masyarakat. Pra – Musyawarah berlangsung dari tanggal 11 – 13 September 2019 bertempat di Hotel Bundo, Padang. Dalam Pra – Musyawarah menetapkan ALSA LC UB sebagai tuan rumah SEMWORKNAS 2020 dan ALSA LC Unsri sebagai tuan rumah SEMUNAS XXVIII 2021.

Agenda pada hari kedua tanggal 12 September 2019 adalah ALSA Leadership Training. Agenda ini dilaksanakan di Pantai Pasir Jambak, Padang. ALSA Leadership Training ini diikuti oleh para delegasi yang tidak mengikuti Pramunas, di acara ini para delegasi di bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan warna yang sudah dibagikan oleh panitia. Satu kelompok ber isi 10 sampai 13 orang, agenda ini bertujuan untuk menanamkan dasar dalam kepemimpinan, menanamkan rasa gotong royong dan saling membantu.

Agenda pada hari ketiga tanggal 13 September 2019 adalah Pra – Musyawarah Nasional, Division Sharing, General Sharing dan Closing Ceremony. Agenda Division Sharing ini adalah acara dimana setiap Local Chapters mempresentasikan Proker Unggulan mereka di dalam 4 Divisi yaitu Internal, External, Funding dan Academic Activity. Setelah agenda ini selesai dilanjutkan dengan agenda General Sharing, pada agenda ini delegasi digabungkan dalam satu meja yang berisi delegasi dari masing – masing Local Chapters. Para delegasi diberikan satu Kasus Posisi untuk diselesaikan secara bersama – sama dengan kelompok masing – masing. Agenda selanjutnya adalah Closing Ceremony, agenda ini dilaksanakan di Aula Pasca Sarjana Fakultas Hukum, Universitas Andalas Padang. Diawali dengan Jamuan makan malam lalu dilanjutkan dengan Closing Ceremony. Agenda dalam Closing Ceremony ini adalah sambutan sambutan, Penampilan Tarian Dulang Badantiang dilanjutkan dengan penampilan inaugurasi dari seluruh Local Chapters. Pada acara Closing Ceremony seluruh delegasi menggunakan pakaian cirikhas dari daerah masing – masing Local Chapter.

Agenda pada hari keempat tanggal 14 September 2019 adalah City Trip agenda hari ini diawali dengan kunjungan ke rumah makan dan pusat oleh – oleh Silungkang, mengunjungi Universitas Andalas, dan berakhir di Masjid Raya Sumatera Barat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *