Pramunas & ALSA Leadership Training atau yang akrab disebut dengan PALT, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Jember menjadi tuan rumah pada acara PALT 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 19 – 20 September 2020 dengan mengusung tema “Mudita, Bebarengan Guyub Manunggaling Tujuan”. Untuk PALT tahun ini sedikit berbeda dengan PALT atau acara nasional sebelumnya karena menggunakan system pelaksanaannya dengan media daring atau Zoom Cloud Meeting. Seperti kita tahu, ditahun 2020 kali ini memang kita semua sedang dilanda virus yang sangat berbahaya yang bernama Covid-19. Oleh karena itu kami diminta untuk karantina mandiri sehingga semua pelaksanaan diharuskan menggunakan via Online. 

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony, Seminar Nasional, ALSA Leadership Talkshow, serta Pra – Musyawarah Nasional. Agenda Opening Ceremony dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020 dengan menggunakan platform Zoom Cloud Meeting. Agenda dalam acara ini adalah sambutan – sambutan. Dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat Tema “Dampak dan Tantangan Penegakkan Hukum di Masa Pandemi Covid-19” dengan Dina Tsalist Wildana, S.H.I., LL.M selaku Dosen Pidana FH Universitas Jember sebagai Moderator, dan pembicara Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir B., M. Si., Dr. Fadil Zumhana S.H., M.H., Dr. Suhadi S.H., M.H., I Gede Widhiana S., S.H., M.HUM., Ph.D.,  Setelah Seminar Nasional berakhir, dilanjutkan dengan acara General Sharing yang mengangkat isu tentang “Efektifitas Pembinaan Anggota ALSA Indonesia yang Adaptif Terhadap Kebijakan New Normal Pandemi Covid-19”. dengan dimoderatarori oleh National Board itu sendiri yang dibagi kedalam 13 kelompok. Dalam Pra – Musyawarah menetapkan ALSA LC Unud sebagai tuan rumah PALT 2021 dan menetapkan beberapa batas maksimal biaya kontribusi delegasi dalam beberapa kegiatan nasional.

Agenda pada hari kedua tanggal 20 September 2020 adalah ALSA Leadership Training. Agenda pertama adalah Forum Group Discussion (FGD) ini diikuti oleh para delegasi yang tidak mengikuti Pramunas, pada FGD ini para delegasi di bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan Sub Topik FGD. Sub Topik yang sudah ada adalah Leader as a Vision Creator, Time Management as the Core Value for Developing & Realizations Plans, Risk Management, Team Builder, dan Ethical Leadership. Setelah pelaksanaan FGD selesai langsung dilanjutkan Division Sharing. Agenda Division Sharing ini adalah acara dimana setiap Local Chapters mempresentasikan Proker Unggulan mereka di dalam 4 Divisi yaitu Internal, External, Funding dan Academic Activity. Dan setelah Division Sharing sudah selesai, delegasi yang tidak mengikuti Pramunas diberikan waktu istirahat untuk selanjutnya mengikuti agenda Closing Ceremony. Closing Ceremony merupakan rangkaian acara terakhir untuk menutup acara PALT XXVII 2020. Acara Closing Ceremony ini berisi pengumuman kelompok – kelompok General Sharing yang program kerjanya dapat diakomodir oleh National Board, pengumuman Best Speaker, Sambutan – sambutan dan ditutup dengan foto bersama dengan semua delegasi PALT XXVII 2020.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *