PRAMUNAS & ALSA LEADERSHIP TRAINING-“TA DUEK, TA PIKEE, TA PAKAT”

Pramunas & ALSA Leadership Training atau yang akrab disebut dengan PALT, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Syiah Kuala menjadi tuan rumah pada acara PALT 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 September 2018 dengan mengusung tema “Ta’Duek, Ta Pikee, Ta Pakat”.

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony, Seminar Nasional, ALSA Leadership Talkshow, serta Pra – Musyawarah Nasional. Agenda Opening Ceremony dilaksanakan di AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Agenda dalam acara ini adalah sambutan – sambutan, penyematan pin untuk Director terpilih serta penyerahan selendang dari Banda Aceh, dan hiburan tarian khas Nanggroe Aceh Darusallam, yaitu Tarian Ranup Lampuan. Dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat Tema “Peran Pemerintah dan Masyarakat terhadap Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Kawasan Ekosistem Leuser sebagai Paru-Paru Dunia” dengan pembicara Farwiza Farhan selaku Pendiri Yayasan Hutan Alam Lingkungan Aceh, Dede Suhendra, S.SOS, M.H. selaku Program Manager Northern Sumatera WWF-Indonesia, Guntur M. Tariq selaku Kasubdit IV Tipiter Polda Aceh, dan Ir. Nova Iriansyah MT. selaku Plt. Gubernur Provinsi Aceh. Setelah Seminar Nasional berakhir, dilanjutkan dengan acara Leadership Talkshow yang mengangkat tema “Dare to Lead and Dare to be a Leader” yang dilaksanakan di Aula FKIP Unsyiah Lantai 3 dengan pembicara Erlanda Juliansyah P, S.H., M.H. selaku Staf Ahli DPR RI & Alumni Fakultas Hukum Unsyiah, Zainal Arifin Lubis Selaku Pimpinan Bank Indonesia Aceh, dan H. Fachrul Razi, MIP Selaku Pendiri Sekolah Pemimpin Muda Aceh.

Agenda pada hari kedua adalah Pra – Musyawarah Nasional dan Outbound. Agenda Outbound dilaksanakan di Pantai Kapok, Aceh. Outbound ini diikuti oleh para delegasi yang tidak mengikuti Pramunas, di acara ini para delegasi di bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan warna yang sudah dibagikan oleh panitia. Satu kelompok ber isi 10 sampai 13 orang, agenda ini bertujuan untuk menanamkan dasar dalam kepemimpinan, menanamkan rasa gotong royong dan saling membantu.

Agenda pada hari ketiga adalah Pra – Musyawarah Nasional, Division Sharing, General Sharing dan Closing Ceremony. Agenda Division Sharing ini adalah acara dimana setiap Local Chapters mempresentasikan Proker Unggulan mereka di dalam 4 Divisi yaitu Internal, External, Funding dan Academic Activity. Setelah agenda ini selesai dilanjutkan dengan agenda General Sharing, pada agenda ini delegasi digabungkan dalam satu meja yang berisi delegasi dari masing – masing Local Chapters. Para delegasi diberikan satu Kasus Posisi untuk diselesaikan secara bersama – sama dengan kelompok masing – masing. Agenda selanjutnya adalah Closing Ceremony, agenda ini dilaksanakan di Balai Kota Banda Aceh. Diawali dengan Jamuan makan malam lalu dilanjutkan dengan Closing Ceremony. Agenda dalam Closing Ceremony ini adalah Penampilan Tarian kreasi ala Timur Tengah, yaitu Tarian Buraq Meukuprak lalu dilanjutkan dengan penampilan inaugurasi dari seluruh Local Chapters.

Agenda pada hari keempat adalah City and Culinary Trip agenda hari ini diawali dengan kunjungan ke Mahkamah Syariah Aceh oleh perwakilan delegasi, dilanjutkan dengan makan siang bersama di Pantai Lampuuk Aceh, kemudian mengunjungi Pusat Oleh – Oleh Souvenir Aceh dan puncak acara pada hari ini adalah Salat Maghrib di Masjid Raya Baiturahman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *