Rapat Pimpinan Nasional 2019 — “Witing Mulyo Jalaran Wani Reksa”

Rapat Pimpinan Nasional atau yang akrab disebut dengan Rapimnas, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tujuan diadakannya rapimnas adalah untuk membicarakan rencana lebih lanjut terkait program kerja National Board ALSA Indonesia yang akan dibawa selama satu tahun ke depan. Sesuai dengan ketetapan Musyawarah Nasional XXVI Nomor 161/TAP/ALSANCI/III/2019 yang menetapkan Saudara Andhika Kusumonegoro dari ALSA LC UB menjadi president terpilih ALSA Indonesia periode 2018/2019, maka Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Brawijaya, menjadi tuan rumah pada acara Rapimnas 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 2 – 4 Mei 2019 dengan mengusung tema “Witing Mulyo Jalaran Wani Reksa”

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony yang dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional. Pada Seminar Nasional kali ini tema yang diangkat adalah “Urgensi RUU Penghapusan Kekerasan Seksual”. Memasuki sore hari, tibalah pada agenda inti pada acara ini,yaitu Pembukaan Rapimnas 2019 yang dilanjutkan dengan pembahasan agenda rapimnas 2019.

 Lalu dilanjutkan dengan Sidang Pleno I, yang membahas tentang Tata Tertib Rapimnas 2019 kemudian dilanjut dengan pemaparan laporan kinerja masing – masing National Board periode 2019/2020 sampai dengan Rapimnas. Memasuki Sidang Pleno II, agenda yang dibahas adalah Pemaparan Progress report acara nasional, pembahasan dan pengesahan seluruh program kerja National Board periode 2019/2020 serta pembahasan dan penetapan timeline kerja National Board periode 2019/2020 dan sidang pleno II berakhir dengan pembahasan penetapan iuran local chapter.

Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pleno III yang membahas tentang penetapan tender acara nasional, yaitu ALSA LC UJ sebagai tuan rumah Pra-Musyawarah Nasional & ALSA Leadership Training XXVII. Menetapkan moratorium calon peninjau ALSA Indonesia untuk tetap tidak dicabut dan menetapkan Supervisory Council yaitu: Bagir Bahana Bintang (Coord. ICT ALSA Indonesia 2017/2018); Raden Ismail Alam Saputra (Vice President of Internal Affairs 2019/2019); Shabrina Defi Khansa (Vice President of Academic Activities & Training 2018/2019).

Lalu dilanjutkan dengan Sidang Pleno V yaitu, uji kepatutan dan kelayakan bakal calon international board periode 2019/2020. Adapun pada kegiatan ini ada 2 calon international board dari ALSA Indonesia, yakni Saudara Rakha Jauzaa Prasetya dan Saudari Mutiara Elisabet setelah melalui tahap presentasi, tanya jawab dan penentuan sikap forum menyatakan bahwa kedua bakal calon international board ini diloloskan. Setelah semua agenda selesai, lalu dilanjutkan dengan sesi pengumuman – pengumuman, penandatanganan hasil ketetapan pada Rapimnas 2019 dan penutupan.

Dilanjutkan pada siang hari, agenda selanjutnya adalah city & culinary trip yang dilanjutkan dengan closing ceremony. Pada agenda ini, delegasi diberikan kesan yang cukup unik dan menarik yakni makan siang di Bakso President Malang, yang letaknya tepat dibelakang rel kereta. Tibalah dipenghujung rangkaian kegiatan acara rapimnas, setelah agenda makan siang selesai, delegasi diarahkan ke Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya untuk mengikuti kegiatan closing ceremony dengan simbolis penerbangan burung secara serentak antara delegasi dan teman – teman national board.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *