Seminar dan Musyawarah Nasional 2019 –“United by the Sea through the Waves We Sail In Synergy”.

Seminar dan Musyawarah Nasional atau yang akrab disebut dengan Semunas, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah pada acara Semunas 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 17 Maret 2019 dengan mengusung tema “United by the Sea through the Waves We Sail In Synergy”.

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony yang dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional. Agenda ini dilaksanakan di The Ballroom, Novotel Bandung. Agenda dalam acara Opneing Ceremony adalah sambutan – sambutan, penyematan pin kepada Director dan National Board, yang juga diselingi dengan penampilan hiburan berupa penampilan tarian “Angklah Dance” dan penampilan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Lalu dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional yang mengangkat tema “Indonesia as an Archipelagic State: The Complexity of Indonesia’s Maritime Territory” dengan pembicara Dr. Iur. Damos Dumoli Agusman, S.H., LLM selaku Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri, Mochamad Chandra selaku Direktorat Politik dam Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri dan Dede Ruskandar, S.H., M.H selaku Direktur Kerjasama Badan Keamanan Laut. Setelah Seminar Nasional berakhir, dilanjutkan dengan agenda Desktop Learning, agenda ini membagi para peserta menjadi 4 kelompok besar, masing – masing kelompok diberikan kasus posisi untuk diselesaikan bersama, dan nantinya di presentasikan didepan peserta yang lain.

Memasuki malam hari, acara ini dilanjutkan dengan agenda Muayawarah Nasional, dimulai dengan pembukaan sidang, lalu pembahasan agenda acara Musyawarah Nasional XXVI, setelah agenda disepakati oleh forum dan di ketuk oleh presiden, maka sidang pleno I dimulai dengan kegiatan pembahasan tata tertib Musyawarah Nasional XXVI, pengumuman dan penyerahan award dari National Board kepada Local Chapter, penyerahan sertifikat kepada Director dan Project Officer kegiatan nasional pada periode 2018/2019, pembahasan penyesuaian waktu pelaksanaan kegiatan nasional, dan sidang pleno I berakhir dengan kegiatan pemilihan presidium tetap.

Lalu memasuki Sidang Pleno II, dengan kegiatan Pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban National Board 2018/2019 serta tanya jawab, pandangan umum dan penentuan penerimaan atau penolakan Laporan Pertanggung Jawaban National Board 2018/2019, dan sidang pleno II berakhir dengan pembacaan laporan ketetapan penerimaan Laporan Pertanggung Jawaban National Board 2018/2019.

Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pleno III dan Sidang Pleno IV yaitu pembentukan komisi dan pembahasan masing – masing komisi.Komisi A membahas ART & GBHK ALSA Indonesia, Komisi B membahas rekomendasi dan usulan program kerja National Board, petunjuk teknis pemilihan president national board, kriteria president dan kriteria calon international board dari ALSA Indonesia. Komisi C membahas tentang peraturan, petunjuk teknis, tata tertib serta rekomendasi panitia kompetisi peradilan semu pidana tingkat nasional ALSA National Chapter Indonesia XXIII.

Dilanjutkan dengan Sidang Pleno V, yaitu pembacaan dan pengesahan hasil – hasil sidang komisi. Memasuki Sidang Pleno VI, membahas tentang laporan perkembangan acara nasional dan internasional, penetapan tuan rumah Seminar & Musyawarah Nasional XXVII yang diambil oleh ALSA LC Unair. Lalu sidang pleno VI diakhiri dengan pemaparan progress report International Board dan perkenalan bakal calon international board.

Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pleno VII dengan kegiatan pemilihan president national board periode 2019/2020. Pada agenda ini yang mencalonkan adalah Saudara Andhika Kusumonegoro dari ALSA LC UB dan Saudari Mutiara Annisa Baswedan dari ALSA LC UI, setelah melalui tahap presentasi, tanya jawab, dan penentuan sikap forum, lalu terpilih lah Saudara Andhika Kusumonegoro sebagai President ALSA Indonesia periode 2019/2020.

Lalu dilanjutkan dengan Pelantikan dan serah terima jabatan dari president national board 2018/2019 kepada president terpilih, pelepasan jabatan National Board 2018/2019 dan diakhiri dengan penandatanganan hasil – hasil sidang  dan penutupan sidang musyawarah nasional XXVI.

Setelah semua agenda sidang selesai, acara SEMUNAS ini dilanjutkan dengan makan siang yang dikemas apik dengan panitia penyelenggara yang sekaligus mebjadi penutup rangkaian kegiatan pada acara Seminar dan Musyawarah Nasional XXVI.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *