SEMINAR DAN MUSYAWARAH NASIONAL 2020 SURABAYA – “NRIMO ING PANDUM, ING NGARSO SING TULADHA”

Seminar dan Musyawarah Nasional atau yang akrab disebut dengan Semunas, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Airlangga menjadi tuan rumah pada acara Semunas 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 15 Maret 2020 dengan mengusung tema “Nrimo Ing Pandum, Ing Ngarso Sing Tuladha”.

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony yang dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional. Agenda ini dilaksanakan di Balai Pemuda Surabaya. Agenda dalam acara Opneing Ceremony adalah sambutan – sambutan, penyematan pin kepada Director dan National Board, yang juga diselingi dengan penampilan hiburan berupa penampilan tarian Kembang Kayun. Lalu dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional yang mengangkat tema “Legal Challenge in The Fourth Industrial Revolution Future of Legal Profession” dengan pembicara Muhammad Philosophi selaku CEO & Future of Legalku, Johannes C. Sahetapy-Engel selaku Founder of Akset Law dan Dede Prof. Dr.H. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H., FCB. Arb selaku Guru Besar Universitas Padjajaran. Setelah Seminar Nasional berakhir, dilanjutkan dengan agenda Muayawarah Nasional, dimulai dengan pembukaan sidang, lalu pembahasan agenda acara Musyawarah Nasional XXVII, setelah agenda disepakati oleh forum dan di ketuk oleh presiden, maka sidang pleno I dimulai dengan kegiatan pembahasan tata tertib Musyawarah Nasional XXVII, pengumuman dan penyerahan award dari National Board kepada Local Chapter, penyerahan sertifikat kepada Director dan Project Officer kegiatan nasional pada periode 2019/2020, pembahasan penyesuaian waktu pelaksanaan kegiatan nasional, dan sidang pleno I berakhir dengan kegiatan pemilihan presidium tetap.

Lalu memasuki Sidang Pleno II, dengan kegiatan Pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban National Board 2019/2020 serta tanya jawab, pandangan umum dan penentuan penerimaan atau penolakan Laporan Pertanggung Jawaban National Board 2019/2020, dan sidang pleno II berakhir dengan pembacaan laporan ketetapan penerimaan Laporan Pertanggung Jawaban National Board 2019/2020.

Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pleno III dan Sidang Pleno IV yaitu pembentukan komisi dan pembahasan masing – masing komisi.Komisi A membahas ART & GBHK ALSA Indonesia, Komisi B membahas rekomendasi dan usulan program kerja National Board, petunjuk teknis pemilihan president national board, kriteria president dan kriteria calon international board dari ALSA Indonesia. Komisi C membahas tentang peraturan, petunjuk teknis, tata tertib serta rekomendasi panitia kompetisi peradilan semu pidana tingkat nasional ALSA National Chapter Indonesia XXIV.

Dilanjutkan dengan Sidang Pleno V, yaitu pembacaan dan pengesahan hasil – hasil sidang komisi. Memasuki Sidang Pleno VI, membahas tentang penetapan tuan rumah SEMWORKNAS 2021 oleh ALSA LC Unsrat, NMCC XXIV oleh ALSA LC Unsyiah. Lalu sidang pleno VI yang tidak dibahas karena tidak ada nya perkenalan dari Calon International Board.

Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pleno VII dengan kegiatan pemilihan president national board periode 2020/2021. Pada agenda ini yang mencalonkan adalah Saudara Khalifah Al Kays dari ALSA LC UGM. setelah melalui tahap presentasi, tanya jawab, dan penentuan sikap forum, lalu terpilih lah Saudara Khalifah Al Kays sebagai President ALSA Indonesia periode 2020/2021.

Lalu dilanjutkan dengan Pelantikan dan serah terima jabatan dari president national board 2019/2020 kepada president terpilih, pelepasan jabatan National Board 2019/2020 dan diakhiri dengan penandatanganan hasil – hasil sidang  dan penutupan sidang musyawarah nasional XXVII.

Setelah semua agenda sidang selesai, acara SEMUNAS ini dilanjutkan dengan makan siang yang dikemas apik dengan panitia penyelenggara yang sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan pada acara Seminar dan Musyawarah Nasional XXVII.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *