SEMINAR DAN WORKSHOP NATIONAL– “GLORY THROUGH THE MERIT OF THE SEA”

Seminar dan Workshop Nasional atau yang akrab disebut dengan Semworknas, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Indonesia menjadi tuan rumah pada acara Semworknas 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 15 – 17 Juli 2019 dengan mengusung tema “Glory Through the Merit of the Sea”.

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony yang dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional. Agenda ini dilaksanakan di Aula Candi Bentar, Putri Duyung Cottage, Jakarta. Agenda yang ada di Opening Ceremony adalah sambutan – sambutan, penyematan pin untuk Director Local Chapters serta penyerahan cindera mata khas Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat Tema “First Step Towards Sustainable Ocean” dengan moderator Prita Laura, S.H., M.Par., selaku Pendiri Pandu Laut Nusantara, dan dengan pembicara  Swietenia Puspa, S.T. selaku Direktur Eksekutif Divers Clean Action, Ir. Dida Migfar, M.Si. selaku Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut KLHK RI, DVM. Dwi Suprapti, M.Sc. selaku Spesialis Mamalia Laut dan Penyu World Wildlife Fund Indonesia, dan Januar Dwi Putra, S.H., LL.M. selaku Staff Khusus Satuan Tugas 115 KKP RI. Setelah Seminar dilaksanakan lalu dilanjutkan dengan Forum Group Discussion, yaitu para delegasi dibagi ke dalam diskusi kelompok untuk membahas “Komitmen ALSA Indonesia” untuk mencapai laut yang berkelanjutan, dan dilanjutkan dengan presentasi oleh perwakilan tiap meja diskusi. Lalu dilanjutkan dengan agenda BrainStorming, yaitu kegiatan yang diselenggarakan dengan tema “Prinsip – Prinsip Dasar Hukum Lingkungan” oleh Savitri Nur Setyorini, S.H., M.H., yang bertujuan untuk memperkenalkan hukum lingkungan dan untuk mempersiapkan sesi Workshop Nasional.

Agenda pada hari kedua adalah Workshop Nasional yang dilanjutkan dengan agenda Closing Ceremony. Tema Workshop Nasional kali ini adalah “Mediasi sebagai Alternatif Penyeselaian Sengketa Pencemaran Lingkungan Laut” yang diisi oleh beberapa pembicara, yaitu M. R. Andri G. Wibisana, S.H., LL.M., Ph.D., selaku Dosen Hukum Lingkungan FH UI dan Wiwiek Awiati, S.H., M.H., selaku Dosen Pilihan Penyeselaian Sengketa FH UI. Setelah agenda Workshop, para delegasi juga melakukan Forum Group Discussion (Simulasi Mediasi) untuk membahas kasus yang diberikan dengan tema “Alternatif Penyelesaian Sengketa, Terutama dalam Sengketa Lingkungan”. Kemudian dilanjutkan dengan acara Closing Ceremony, agenda pada Closing Ceremony tersebut adalah makan malam yang dilanjutkan dengan penampilan inaugurasi dari semua Local Chapters. Closing Ceremony ini dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen oleh seluruh Director Local Chapter dan Presiden National Board ALSA Indonesia, Closing Ceremony ditutup dengan pembacaan penghargaan-penghargaan, penghargaan tersebut ialah Best Participant Semworknas ALSA Indonesia 2019, Best Local Chapter, Best performance, Best Costume.

Agenda pada hari ketiga adalah Culinary & Rampok Plastik. Diawali dengan pemberhentian pada tempat makan siang di Bandar Djakarta Ancol, setelah itu delegasi diarahkan ke salah satu tempat bersejarah di kota Jakarta, yaitu Kota Tua Jakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *