Seminar dan Workshop Nasional atau yang akrab disebut dengan Semworknas, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Brawijaya menjadi tuan rumah pada acara Semworknas 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 15 November 2020 dengan mengusung tema “Free Trade Area of Asia Pasific : Challenge and Opportunities”. Untuk Semworknas tahun ini sedikit berbeda dengan Semworknas atau acara nasional sebelumnya karena menggunakan system pelaksanaannya dengan media daring atau Zoom Cloud Meeting. Seperti kita tahu, ditahun 2020 kali ini memang kita semua sedang dilanda virus yang sangat berbahaya yang bernama Covid-19. Oleh karena itu kami diminta untuk karantina mandiri sehingga semua pelaksanaan diharuskan menggunakan via Online.

Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony yang dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional. Agenda yang ada di Opening Ceremony adalah sambutan – sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat Tema ““Free Trade Area of Asia Pasific : Challenge and Opportunities”. dengan moderator Yasniar Rahmawati, S.H., M.H., dan dengan pembicara Dr. Hanif Nur Widhiyanti, S.H., M.Hum., Farid Amir, S.T., M.S.E., selaku Directur Perundingan APEC dan Organisasi International, H. M. Ali Affandi, S.M., M.MMT. selaku Chairman of KADIN Surabaya, dan H. Haruna, M.A.,M.B.A selaku Komisi IX DRP RI. Setelah Seminar dilaksanakan lalu dilanjutkan dengan Online Debate, yaitu para delegasi dibagi ke dalam diskusi kelompok untuk membahas suatu kasus hukum yang ada. Dalam 1 Chamber dibagi beberapa kelompok yang nantikan akan mempresentasikan tentang pro atau kontra nya kelompok tersebut. Lalu dilanjutkan dengan agenda Debate permasing – masing Chamber yang akan ditentukan pemenangnya oleh panitia.

Agenda pada hari kedua adalah Workshop Nasional yang dilanjutkan dengan agenda Closing Ceremony. Workshop Nasional kali ini diisi oleh beberapa 2 pembicara dari Makarim & Taira S, yaitu Iriana Anindita, S.H., LL.M., dan Lia Alizia, S.H. Agenda Workshop kali ini memiliki 4 topik yang berbeda yaitu, Aspek Hukum Perseroan Terbatas, Perizinan Dalam Berusaha, Aspek Hukum Ketenagakerjaan, dan Pembuatan Kontrak dan Penyelesaian Sengketa Setelah agenda Workshop, para delegasi diberikan waktu untuk beristirahat dan persiapan untuk agenda Closing Ceremony. Agenda pada Closing Ceremony tersebut adalah Penampilan Video Persembahan dari setiap Local Chapter. Closing Ceremony juga diawali dengan beberapa sambutan – sambutan dari pihak yang bersangkutan dan ditutup dengan pembacaan penghargaan-penghargaan, penghargaan tersebut ialah Best Team Online Debate, Best Speaker Pro & Kontra Online Debate, Best Team Workshop, Best Video Performance, Best Delegates. Setelah itu ada pemutaran Event Review selama 2 hari Semworknas berjalan. Setelah itu para Director dari tiap Local Chapter yang akan melaksanakan Musyawarah Lokal diberi waktu untuk sambutan untuk terakhir kalinya. Dan semua agenda Semworknas 2020 diakhiri dengan foto bersama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *