SEMINAR & WORKSHOP NASIONAL ALSA INDONESIA 2018 –“Wattunami Ke Makassar”

Seminar dan Workshop Nasional atau yang akrab disebut dengan Semworknas, adalah acara tahunan yang diadakan oleh National Board. Tahun ini ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin menjadi tuan rumah pada acara Semworknas 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 7 – 9 Juli 2018 dengan mengusung tema “Find Our Rhythm of Harmony Throughout the Nation”.
Agenda pada hari pertama adalah Opening Ceremony yang dilanjutkan dengan agenda Seminar Nasional. Agenda ini dilaksanakan di Auditorium Prof. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Tema Opening Ceremony kali ini adalah “Cultural Day”, agenda dalam acara Opening Ceremony adalah sambutan – sambutan, penyematan pin untuk Director terpilih serta penyerahan cindera mata khas Sulawesi Selatan, dan hiburan tarian khas Sulawesi Selatan. Kemudian dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang mengangkat Tema “Urgensi Revisi Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU” dengan pembicara Prof. Dr. Anwar Borahima, S.H., M.H. selaku Akademisi Dosen Fakultas Hukum Unhas, Oscar Sagita, S.H. selaku Ketua Umum Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI), Nani Indrawat, S.H., M.Hum selaku Hakim Pengadilan Tinggi SulSelBar , dan Daulat P. Silitonga, S.H., M.Hum selaku Ketua Bidang Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI yang pada hari itu berhalangan hadir dan digantikan oleh pihak Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI.
Agenda pada hari kedua adalah Workshop Nasional yang dilanjutkan dengan agenda Closing Ceremony. Agenda ini dilaksanakan di Ballroom Harper Hotel, Makassar. Tema Workshop Nasional kali ini adalah “Pengaturan Pemberantasan Harta/Boedel Pailit Pada Perusahaan” yang dipandu oleh Imran Nating, S.H., M.H selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) dan Muhammad Ismak, S.H., M.H. selaku Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI). Kemudian dilanjutkan dengan acara Closing Ceremony dengan tema “Carnaval Night”, agenda pada Closing Ceremony tersebut adalah makan malam yang dilanjutkan dengan penampilan inaugurasi dari semua Local Chapter. Closing Ceremony ini ditutup dengan pembacaan penghargaan-penghargaan, penghargaan tersebut ialah Best Participant Semworknas ALSA Indonesia 2018, Best Local Chapter, Best performance, Best Costume, dan pengumuman “Dara & Daeng” Semworknas ALSA Indonesia 2018.
Agenda pada hari ketiga adalah Culinary & City Trip. Diawali dengan pemberhentian pada toko oleh – oleh Sutera Sengkang, disana delegasi diberikan waktu bebas untuk membeli oleh – oleh. Dilanjutkan dengan culinary trip ke Pallubasa Onta, setelah itu delegasi diarahkan ke Benteng Fort Rotterdam yang dilanjutkan ke Pantai Losari untuk simbolis penutupan acara dengan cara penerbangan lampion. Dilanjut dengan puncak acara pada hari itu yakni Gala Dinner Semworknas ALSA Indonesia 2018.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *