STUDY CLUB — “TIPS DAN TRIKS MENDAPATKAN IP CEMERLANG”

Selasa, 20-September-2016

OLEH ODIANA NUR KAMILA

APA ITU IP (INDEKS PRESTASI)?

IP adalah serangkaian nilai yang didapatkan oleh mahasiswa di setiap semesternya dalam  skala huruf (A, B, C, D, E) sesuai dengan jumlah SKS permatakuliahnya.

Contoh:

PHI à 3 SKS. Jika nilainya A, maka nilainya adalah =

3 SKS x A ( A=4, B=3, C=2, D=1)

                = 3 SKS x 4

                =12

……..dan seterusnya, lalu dijumlah dan dibagi oleh total SKS.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN IP CEMERLANG?

  1. KOMITMEN

Maksudnya adalah kalian harus punya komitmen kuat untuk mendapat nilai yang baik. Ketika kalian punya komitmen, kalian akan melakukan hal apapun (dalam konteks positif) untuk berusaha mendapatkan nilai yang baik.

  1. MOTIVASI

Dalam prosesnya, merupakan hal wajar ketika kalian merasa jenuh belajar. Ini mengapa perlu ada motivasi supaya rasa jenuh itu tidak berlangsung lama.Cari motivasi dalam bentuk APAPUN.

  1. CARA BELAJAR YANG BAIK

Setiap orang pasti punya cara belajar yang paling efektif untuk diri sendiri. Pastikan cara tersebut dapat membuat ilmu pada setiap mata kuliah terserap dengan baik.

  1. RAJIN MENCATAT

THAT IS SO IMPORTANT. CATET YA. INI PENTING SEKALI!!!!!! Jangan biasakan datang hanya untuk menuhin absen. Kalian tidak akan mendapat apapun. Dan menyesal ketika ujian tiba. Trust me J

  1. KENALI DOSEN DAN CARA PENILAIANNYA

Ini  juga poin penting yang bisa membantu kalian dalam belajar.Setiap dosen punya cara penyampaian materi yang berbeda dan menginginkan jawaban ujian dari mahasiswanya dengan kriteria yang berbeda pula.

  1. DUDUK DI BARISAN DEPAN

Ketika duduk di depan, konsentrasi lebih tinggi karena tidak terganggu oleh HANDPHONE.Dosen pun akan lebih jeli melihat mahasiswa yang duduk di depan dan secara otomatis mengenai kalian.Hal ini berguna sebagai ajang SKSD kepada dosen.

  1. IKUTLAH ORGANISASI DI KAMPUS

Karena hal ini SANGAT PENTING untuk membantu kalian dalam meluaskan ilmu.Ketemu orang baru dengan kegiatan yang bermanfaat juga membantu kalian dalam mengembangkan diri untuk lebih terbuka dan berani tampil di muka umum.Ini juga bermanfaat nanti ketika kalian masuk ke dalam dunia pekerjaan.

  1. BERDOA

Minta kepada Tuhan supaya diberi keluasan ilmu, kemampuan belajar dan penangkapan materi yang baik.

  1. BERLIBURLAH KETIKA JENUH DENGAN PERKULIAHAN
    Jangan salah ya… Purwokerto itu Kota yang paling enak untuk mendapatkan konsentrasi belajar dan refreshing

PENUTUP

Sebaik-baiknya ilmu adalah yang memberi manfaat bagi orang lain.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *